Diberdayakan oleh Blogger.

KSR-PMI dan HMJ Muamalah Gelar Aksi Donor Darah

Posted by Catatan Jurnalis

AAFY News, Bandung -- Bertempat di auditorium UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Muamalah bekerjasama dengan Korps Sukarela Palang Merah Indonesia (KSR-PMI) Unit UIN Bandung menggelar aksi donor darah, Rabu (2/4). Acara yang dimulai sejak pukul 09.00-11.30 , berhasil mengumpulkan 40 labu darah dari 83 pendonor. “Kondisi darah cukup aman”, ujar Bernardi, salah satu tim dari Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Kota Bandung.

Selama acara berlangsung, tidak sedikit mahasiswa yang mengeluhkan pusing saat darahnya diambil. “Saya lihat ada enam orang yang pingsan”, kata dokter yang telah bertugas selama 10 tahun di PMI Kota Bandung.

Salah satu perawat yang bertugas menyatakan kondisi pendonor saat itu kurang siap meski lolos dalam tahap administrasi. Ia menyarankan, pada kegiatan selanjutnya panitia penyelenggara memberikan sosialisasi tentang syarat menjadi pendonor. Ini dilakukan agar tidak lagi ada pendonor yang mengelukhan pusing saat mendonorkan darahnya atau pingsan setelah melakukan donor darah.

Meski acara donor darah dilakukan di ruang yang cukup luas, ini dirasa kurang sesuai dengan standar yang digunakan. Seharusnya, ruang transfusi terpisah dengan calon pendonor dan petugas atau panitia yang tidak brkepentingan saat transfusi darah. Menurutnya, ini juga yang menjadi penyebab banyaknya pendonor yang mengeluhkan pusing dan pingsan setelah mendonorkan darah. “Pendonor membutuhkan suplay oksigen yang cukup, tapi kalo tempatnya ramai kaya gini, mereka kan berebut oksigen.”, ceritanya disela-sela tugasnya.

Menanggapi pernyataan dari petugas UTD PMI Kota Bandung, Luqman Nurdiansyah selaku Komandan KSR-PMI Unit UIN Bandung menyatakan, pihaknya akan membuat konsep baru agar kejadian tersebut tidak terulang.

Program donor darah rutin diadakan oleh KSR-PMI Unit UIN Bandung setiap triwulan. Acara yang bekerjasama dengan HMJ-Muamalah adalah yang kedua kalinya, setelah sebelumnya pada Desember lalu bekerja sama dengan Resimen Mahasiswa (Menwa) Mahawarman UIN Bandung. 

Related Post



Posting Komentar