Diberdayakan oleh Blogger.

Resensi Media Online : Kompas.com

Posted by Catatan Jurnalis


Hari ini, siapa yang tidak mengenal Harian Kompas. Salah satu media cetak yang namanya sudah ada sejak orde lama. Seiring perkembangan zaman, pada tahun 1995, Harian Kompas hadir dengan edisi internet yang diberi nama Kompas Online. Tiga tahun kemudian, Kompas Online bertransformasi menjadi Kompas.com. Perubahan nama pun tak hanya pada penamaan portal berita online, Kompas.com memfokuskan diri dengan mengembangkan isi, desain dan strategi pemasan yang baru. Hal inilah yang akhirnya menjadikn Kompas.com sebagai portal berita terpercaya di Indonesia.

Tahun 2008, Kompas.com menampilkan perubahan yang signifikan. Dengan mengusung ide "Reborn", Kompas.com mengubah tampilan mulai dari logo, tata letak hingga konsep. Sejak 2008 Kompas.com menjadikan dirinya lebih kaya, lebih segar, lebih elegan dan mengedepankan unsur user-friendly dan advertiser-friendly. Selain itu, kompas.com tidak hanya memberikan informasi berupa teks saja, kompas.com juga menampilkan berita dalam bentuk gambar, video hingga live streaming.

Sesuai dengan tagline Kompas.com, Rayakan Perbedaan, Kompas.com mencoba menggaet semua kalanggan dari berbagai passion dengan menghadirkan berbagai kanak-kanal di halaman depan Kompas.com. Mulai dari Kompas News, Kompas Bola, Kompas Healt, Kompas Tekno, Kompas Entertaiment, Kompas Otomotif, Kompas Images / Foto, Kompas Properti, Kompas Karier, Kompas Female, Kompas Travel, Kompas Video dan Kompas Forum. Tampilannya pun terlihat dinamis sehingga tidak membuat pengguna bosan dan selalu ingin mencari tau apa yang baru dari Kompas.com

Melihat dari konten dan isi berita yang disajikan, terlihat segmentasi Kompas.com sama dengan Harian Kompas yaitu masyarakat kalangan menengah atas seperti kaum akademisi / terpelajar, pebisnis, dan sebagainya.

Kompas.com tak ubahnya Harian Kompas yang berusaha ingin memberikan informasi kepada publik tentang fenomena yang terjadi di masyarakat. Kompas.com berusaha merangkul pembacanya yang berbeda latar belakang dan passion. Untuk itu ia berusaha menghadirkan banyak kanal berita sesuai dengan kondisi masyarakatnya. Namun dalam hal tertentu, informasi yang dihadirkan Kompas.com hanya untuk masyarakat kalangan menengah kebawah. Hal ini terlihat dari konten pemberitaan dan bahasa yang digunakan dalam penulisan berita.

Kompas.com dengan taglinenya Rayakan Perbedaan telah berhasil merangkul masyarakat dari berbagai passion, namun satu sisi segmentasi Kompas.com masih pada masyarakat kalangan menengah atas.



Related Post



Posting Komentar