Diberdayakan oleh Blogger.

Mau Jadi Jurnalis? Mulailah Blogging ^^

Posted by Catatan Jurnalis

Realita membuktikan, untuk menjadi seorang jurnalis atau wartawan tidak harus mereka memulainya dengan menempuh pendidikan di jurusan atau instansi terkait. Pemimpin Reaksi Majalah Gatra misalnya, ia bukanlah jebolan dari ilmu komunikasi atau bahkan jurnalistik tetapi ia jebolah FISIP Unpad. Hanya dengan bermodalkan tekad dan usaha keras sudah bisa menjasi seorang jurnalis. Salah satunya dari Blogging. Blogging merupakan sebuah kegiatan yang menggunakan media internet sebagai tempat seseorang mencurahkan segala pemikirannya.

Bagi Anda yang ingin menjadi serorang jurnalis, bisa memulainya dengan blogging atau nge-blog untuk melatih kemampuan menulis berita. Karna untuk cara mendapatkan berita dan wawancara kepada narasumber itu banyak teori yang telah menjelaskannya dan itu relatif lebih mudah. Namun, menuangkan hasil wawancara kedalam sebuah tulisan itu yang cukup sulit. Ini akan mudah ketika seseorang rajin melatih kemampuannya dengan rajin berlatih.

Jika hanya menuliskan tanpa dibaca oleh khalayak, untuk apa? Tujuan dibaca khlayak selain untuk diinformasikan, tapi memungkinkan untuk mendapatkan kritik dan saran. Rajin menulis tanpa menerima kritik atau saran bukanlah hal yang baik, karena kita tidak akan pernah tahu letak kesalahan atau kelebihan yang kita miliki.

Nah, dengan nge-blog, selain menjadi tempat belajar menuliskan berita, kita juga juga bisa belajar mengelola media online sendiri dengan menjadikan blog yang kita miliki sebagai media online. Awal munculnya media online pun ketika seorang jurnalis Amerika yang menuliskan laporan berita tentang pertempuran Mogadishu, Somalia 1993 di salah satu web. Hal ini menjadikan tulisan Mark Bowden dapat diakses oleh jutaan orang di dunia.

Related Post



Posting Komentar