Diberdayakan oleh Blogger.

Metode Penelitian

Posted by Catatan Jurnalis

Paradigma Penelitian
Dalam metode penelitian, ada yang disebut sebagai paradigma penelitian. Paradigma penelitian merupakan pandangan dalam melakukan sebuah penelitian. Paradigma penelitian terbagi menjadi beberapa pendekatan yaitu pendekatan kuantitatif, pendekatan kualitatif, dan pendekatan gabungan  (mix method). Sebuah penelitian akan menggunakan salah satu dari ketiga pendekatan tersebut. Namun, penggunaan metode penelitian disesuaikan dengan jenis penelitian yang akan diteliti. Karena, ada penelitian yang hanya bisa menggunakan pendekatan kualitatif, ada juga penelitian yang hanya bisa menggunakan kuantitatif dan ada pula penelitian yang hanya bisa menggunakan pendekatan gabungan. Apabila sebuah penelitian dilakukan tidak dengan pendekatan yang tepat, maka hasil dari penelitian tersebut tidak akan maksimal.

Pada pendekatan kuantitatif, peneliti akan berteman baik dengan statistika atau angka-angka. Penelitian yang menggunakan pendekatan kuantitatif bertujuan untuk menunjukan hubungan antar variabel yang satu dengan variable yang lainnya. Pendekatan kuantitatif menggunakan paradigma  positivistik yaitu pandangan yang menilai suatu pengetahuan dianggap benar saat ini belum tentu benar pada masa yang akan datang. Sehingga penelitian yang menggunakan pendekatan kuantitatif, biasanya merupakan pengujian sebuah teori atau pengetahuan yang telah ada untuk menghasilkan sebuah ilmu atau teori yang baru (mengembangkan ilmu pengetahuan).

Adapun strategi yang digunakan dalam metode ini yaitu menggunakan strategi penelitian eksperimen, survei, angket dan memerlukan data statistika. Hasil dari data statistika yang diperoleh nantinya akan dianalisis dengan menggunakan analisis tertentu yang hasilnya bersifat kualitatif. Antara peneliti dan yang diteliti memiliki jarak. Hal ini merupakan upaya agar penelitian ini bersifat objektif. Kedudukan peneliti lebih tinggi dari yang ditelitinya (responden). Penelitian yang menggunakan pendekatan kuantitatif bersifat linier. Artinya, sebelum dilakukan penelitian, peneliti telah menyusun perencanaan penelitian mulai dari rumusan masalah sampai pada penarikan kesimpulan. Semua yang telah disusun harus dijalankan sesuai dengan yang telah direncanakan atau tidk dibenarkan melakukan improvisasi selama penelitian berlangsung.

Sementara itu, pada penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif, berlaku sebaliknya. Mulai dari objek yang diteliti yaitu objek yang bersifat alamiah atau natural setting. Berbeda dengan pendekatan kuantitaif yang melakukan perencanaan sebelum dilakukan penelitian, pada pendekatan kualitatif, peneliti langsung mendatangi objek penelitian untuk mengumpulkan fenomena atau kejadian-kejadian yang terjadi dilapangan. Setela itu, barulah peneliti menganalisis berbagai temuannya dilapangan.  Sehingga, analisis yang dihasilkan bersifat induktif. Analisis dalam pendekatan kualitatif dimulai sejak pertama peneliti terjun ke lapangan hingga penelitian tersebut menghasilkan kesimpulan.

Hubungan peneliti dan objek yang diteliti bersifat interaktif, dan tidak bisa dipisahkan. Hal ini karena pendekatan kualitatif merupakan penelitian yang meneliti suatu objek secara mendalam. Penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif bertujuan untuk mencari makna dari sebuah fenomena yang terjadi.  Sehingga dalam penelitian ini akan menemukan pola hubungan yang bersifat interaktif. Jika pada pendekatan kuantitatif penelitian berhenti setelah mengahasilkan kesimpulan, maka pada pendekatan kualitatif, setelah menghasilkan kesimpulan peneliti akan menguji kembali kesimpulan yang dihasilkan. Ini dilakukan untuk menguji kredibilitas dari kesimpulan karena penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif tujuan lainnya adalah untuk menghasilkan pengetahuan atau teori yang baru. Oleh karena itu, pendekatan kualitatif bersifat sirkulatif.

Bagaimana dengan metode gabungan (mix methode) ?
Saat ini, jarang peneliti yang menggunakan metode gabungan. Selain karena membutuhkan waktu yang tidak sebentar, metode ini jarang digunakan karena prosesnya yang dua kali lipat lebih sulit. Metode penelitian yang digunakan dalam pendekatan ini bukan menggabungkan kedua metode dalam penelitian, melainkan menggunakan dua metode yang berbeda dalam satu penelitian.

Pada dasarnya, baik itu penelitian yang menggunakan pendekatan kuantitatif, kualitatif maupun gabungan  tingkat kesulitannya sama saja. Namun yang membedakannya hanyalah pada metode atau cara mendapatkan data. Selebihnya, sama saja. Walaupun penelitian yang menggunakan pendekatan kuantitatif bersifat objektif, tetap saja dalam menyimpulkan hasil dari analisisnya bersifat kualitatif karena kesimpulan tersebut merupakan pendapat dari sang peneliti yang melihat data kuantitatif yang dihasilkannya dalam penelitian.

Rangkaian Penelitian
Baik penelitian yang menggunakan pendekatan kuantitatif maupun kualitatif, dalam rangkaian penelitian langkah-langkahnya sama saja. Ada tiga tahapan dalam rangkaian penelitian yaitu tahap perencanaan dan pengorganisasian , implementasi, dan kesimpulan serta evaluasi.
Pada tahap perencanaan dan pengorganisasian, ada tiga hal yang harus diperhatikan yaitu what, how dan why. Ditahap ini peneliti akan menentukan topic dari penelitian yang akan dilakukannya. Untuk memudahkan perencanaan penelitian, peneliti harus menguasai topic yang akan dibahas. Kemudian, merumuskan masalah serta menentukan pendekatan dan metode yang digunakan dalam penelitian. Pada tahap ini perencanaan yang dibuat harus benar-benar matang, karena ini merupakan acuan dari penelitian yang akan dilakukan.

Pada tahap implementasi, peneliti akan dihadapkan pada proses penelitian, pengumpulan data dan informasi serta analisis dan interpretasi. Pada proses penelitian dan pengumpulan data harus disesuaikan dengan pendekatan dan metode yang telah dipilihnya. Tahap ini harus mengikuti aturan atau perencanaan yang dilakukan pada tahap selanjutnya. Karena jika tidak, tujuan penelitian tidak akan tercapai. Data yang telah dikumpulkan akan dianalisis sesuai dengan pendekatan yang digunakan dan analisis yang sesui dengan topic yang dipilih.

Pada tahap kesimpulan dan evaluasi, akan membuat laporan hasil penelitian yang digunakan. Mulai dari proses penelitian hingga menghasilkan suatu kesimpulan dari analisis yang didapat. Selain itu pada tahap ini juga bisa dilakukan evaluasi terhadap proses selama penelitian.


****

Related Post



Posting Komentar